Selasa, 12 April 2011

Nyamannya Naik Bus DAMRI Dari Bogor ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta

Sebenarnya sudah beberapa tahun lalu dioperasikannya bus Damri Bandara dari Bogor ke Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, namun saya baru menuliskannya sekarang, itu karena saya sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh moda angkutan bandara ini. Saya setiap berangkat ke Bandara Soetta, begitu juga sebaliknya selalu menggunakan jasa angkutan ini.
Bus Damri bandara trayek Bogor – Bandara Soetta beroperasi mulai pk 03.00 pagi sampai pk 20 malam.  Keberangkatan bus dari Bogor diatur setiap 30 menit atau sampai penuh oleh penumpang sesuai jumlah kursi yang tersedia. Namun jadwal keberangkatan dari bandara Soetta ke Bogor tidak dapat dipastikan disebabkan kemacetan jalan yang dilalui bus Damri ini.
Bus-bus yang dioperasikan adalah bus terbaru produksi Mercedes Benz, tentu sangat nyaman, bersih, ber AC dingin, dan ada fasilitas WIFI. Kenyamanan bertambah dengan sopir sopirnya yang menjalankan bus ini secara tertib (untuk ukuran di Indonesia).
Waktu tempuh perjalanan dari Bogor menuju Bandara Soetta sangat tergantung dari jam berapa waktu keberangkatan dari Bogor-nya. Kalau berangkat pk 03.00 s/d pk 05.00, waktu tempuhnya hanya 1 jam saja, sedangkan kalau berangkat pk 05.30 dst, waktu tempuhnya bisa mencapai 2 – 3 jam. Mahfum saja, kemacetan jalan jalan di ibu kota sudah sangat luar biasa. Kemacetan biasanya dimulai dari km 22 tol Jagorawi atau sekitaran Gerbang Tol Miring Cimanggis sampai Tol Dalam Kota atau Tol Tanjungpriok. Jadi bagi yang berangkat dengan pesawat pagi harus memilih jadwal keberangkatan Bus Damri pada waktu yang paling tepat.  Kalau sudah memilih waktu yang tepat, kita tinggal ‘duduk manis’ di dalam kenyamanan bus ini.
Ongkos angkutan Bus Damri reguler dari Bogor – Bandara Soetta hanya Rp 45.000,- saja . jauh lebih rendah dengan biaya yang dikeluarkan apabila menggunakan moda angkutan lain apalagi dengan menggunakan mobil pribadi. Kalau Tarif bus Damri Royal dengan tempat duduk formasi 2 : 1 dan tempat duduknya lebih lebar dan lebih nyaman Rp 65rb. Yang lebih penting lagi, dengan menggunakan moda angkutan Bus Damri Bandara ini, setidaknya berarti kita sudah ikut mengurangi kemacetan Jakarta. Iya toch?
Bus Damri Bandara

Kenyamanan di Dalam Bus Damri Bandara

Bus Damri Bandara
Sedang Menunggu Penumpang di Bandara Soetta
Bus Damri Bandara Menembus Kemacetan Jakarta

243 komentar:

  1. maaf mas, mau tanya... kalau dari bandara soekarno hatta ke bogor naik damri, nanti stop di terminal apa di bogornya? apa namanya terminalnya?? terus hotel yang dekat dengan terminal itu apa ya namanya, hotel pertiwi atau hotel permata??? mohon infonya... terima kasih ^_^

    BalasHapus
  2. Bus Damri dari bandara ke Bogor, nanti di Bogor turun di terminal bus Damri/terminal khusus untuk bus Damri dan itu tujuan terahir. Hotel yang dimaksud Ibu adalah Hotel Permata yang letaknya 300 meter dari terminal damri, ambil arah ke kanan dari pintu masuk terminal damri, tidak usah nyebrang jalan dan cukup jalan kaki saja. hotel permata dan terminal bus damri msh satu jalan yaitu jalan pajajaran. hotelnya persis di depan kebun raya bogor. selamat datang dan selamat menikmati bogor, semoga menyenangkan

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasinya, Mas. Semoga saya mendapatkan kenyamanan serupa. Amin :)

    BalasHapus
  4. terima kasih banyak untuk info nya pak didi ^_^

    sangat sangat sangat membantu saya dalam perjalanan ke bogos seminggu kemarin

    dan memang bus damri itu sangat nyaman :up:

    BalasHapus
  5. maaf mas mau tanya, itu damrinya udah nongkrong di bogor sejak jam 3?, bukan jam 4 yah?, terus dimana staynya mas, 1 lagi kalau misalkan pesawat saya jam 05.55 terkejar gak yah kalau naik damri dari bogor?,
    matur suwun mas.,

    BalasHapus
  6. Bus DAMRI berangkat pertama ke Bandara Soetta jam 03 pagi. Bus stay di Botani Square dekat Tugu Kujang. Kalau Mas jadwal pesawatnya 05.30 maka yang paling ideal berangkatnya yang jam 03.00 atau paling lambat jam 03.30. kalau lewat dari jam itu, sangat riskan atau bisa telat mas.

    BalasHapus
  7. Kalau pesawat jam 22.30 di cgk sudah g ada damri ke bogor??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus DAMRI ke Bogor yang terahir dari Cengkareng itu jam 22 Mas

      Hapus
  8. Bila pesawat jam 20.00, kira2 dari Bogor jam berapa ya?
    Oh ya, untuk hari minggu 6 Januari 2013. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk normalnya, paling Lambat naik bus damri dari bogor jam 15 Mas. Tol jagorawi ke Jakarta pada hari minggu siang selalu macet. Oh iya sekarang bus Damri ke bandara Ada yang bus kelas royal, selain yang reguler, Yang reguler tarifnya 40 RB Dan yang royal 70 RB. Bus Damri kelas Royal berwarna biru.

      Hapus
  9. kalau keberangkatan pesawat jam 6 pagi, sebaiknya naik Damri dari Bogor jam brapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mesti naik DAMRI yang jam 03.00 atau paling lambat yang jam 03.30 sampai bandaranya jam 05. kalau lebih dari jam itu, nanti sampai di bandaranya jam 06-an.

      Hapus
  10. kalo nunggu bisnya dari terminal damri dkt barangsiang bisa, mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Bus DAMRI Bandara hanya menaikkan Dan menurunkan penumpang di Terminal Damri di Baranangsiang. Demikian juga di Bandara Soekarno Hatta, menaikkan Dan menurunkan penumpang hanya di temp at yg telah ditentukan. Terima kasih at as kunjungannya.

      Hapus
  11. di terminal damri bogor ada penitipan kendaraan motor atau mobil tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mas, persis terletak satu terminal dengan Bus DAMRI nya.

      Hapus
  12. bus damri terakhir dr cengkareng ke bogor masih jam 22 kah?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. DAMRI dari Bogor terahir pk 22. Jadi dari cengkareng masih Ada pad a pk 23. Saran saya apabila tidak Ada bus DAMRI antara pk 23 SD 04, dari cengkareng, maka gunakanlah taksi yang terkenal Yang mangkal di lantai 2 atau temp at keberangkatan. Kenapa di lantai 2? Karena pada jam tersebut, biasanya sdh tdk ada taksi resmi lagi yg masih Ada di tempat mangkal resminya di temp at kedatangan.

      Hapus
  13. saya mau nanya mas. Kalo dari pemberhentian DAMRI terakhir dari bandara soetta-bogor ke hotel padjadjaran suite bogor jauh gak ya, terus kita ke arah mana dan sebaiknya pakai angkutan apa.. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi. Anda keluar dari terminal DAMRI Bogor Terus ke seberang kanan dikit, disitu Ada Tugu Kujang, di sebelah Tugu Kujang ini banyak angkot hijau nyari penumpang, pilih angkot no 09 jurusan Warung Jambu. Kemudian turn di depan Hotel Suite Pajajaran. Hotel ini berada setelah POM be sin/SPBU atau seberang seberangan dengan RS AZRA. supir angkotnya pasti tahu letak hotel tsb. Jarak dari terminal DAMRI ke hotel Pajajaran Suite sekitar 3 km. Ongkos angkotnya Rp 2500. Semoga Bogor dpt menyenangkan Anda.

      Hapus
  14. mas mau nanya, damri paling malam dari sengkareng-bogor pukul 22.00 ya mas? sa ya jg mau bertanya, kebetulan saya mau ngantar teman ke bandara dan kmbali lagi ke bgor, apakah dari terminal keberangkatan cengkareng ada shelter damri mas? krn selama ini sy selalu naik damri dari terminal kedatangan. terima kasih mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di terminal 1 bandara Soetta/cengkareng di shelter damri Ada di seberang Jalan yg disatukan dengan taksi DLL. Shelter khusus Damri di terminal ll, berada di paling ujung di sebelah terminal ll f/ kedatangan. Begitu keluar dari terminal kedatangan Garuda Dan penerbangan luar negri, suka Ada petugas Damri yg memberitahu dimana letak shelter Damri nya.

      Hapus
  15. mas kalau bus damri dari bogor paling malem jam berapa? kalau jadwal penerbangan di sukrno hatta pk 22 maksimal harus naik bus damri di bogor jam berapa? makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang jadwal paling malam dari Bogor pk 20.00. Kalau pesawatnya pk 22, dari berangkat max pkl 18.00. Biasanya kalau sore dari tol Cililitan sampe cawangnya sering macet apalagi pada hari sabtu Minggu. Selamat menikmati.

      Hapus
  16. mas saya mau tanya, kalo parkir motor di bus damri itu 24 jam tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mas, persis di sebelahnya tempat bus Damri mangkal. Jangan lupa nanti dikasih kunci pengaman tambahan ya..

      Hapus
    2. kalau boleh tau berapa ya kira-kira biaya perharinya? saya mau ke lombok sekitar 3 hari. saya mau nitip motor disitu karena saya mau naik bus yang jam 2.30. Jam segitu jarang ada angkutan umum menuju ke damri. jadi mau tidak mau saya harus kesitu pakai motor.

      Hapus
    3. Rp 8 rb / hari. Jangan lupa bilang sama petugas parkirnya: mau nginep begitu.

      Hapus
    4. Oke mas makasih banyak untuk infonya...

      Hapus
  17. Mas mau tanya kalau naik damri dari Soetta mau ke Cisarua tepatnya Jl. Raya Puncak Km. 84, Tugu Utara - Cisarua nanti turun dimana ya? Trims :)

    BalasHapus
  18. Di terminal 1 sampai 2 f serta terminal 3 bandara Soetta di seberangnya atau di tempat khusus bus bandara DAMRI, semuanya ada pemberangkatan bus DAMRI. tinggal nunggu atau pilih bus DAMRI yang tujuan Bogor. Tarif bus DAMRI yang reguler Rp 40 rb dan bus nya yang warna biru atau Royal Rp 70rb. nanti di Bogor turun di pemberhentian terahir di terminal DAMRI nya. Kalau mau ke Cisarua dari terminal DAMRI Bogor, bisa pilih pake taxi gelap dengan tarif Rp 100 rb - Rp 150rb (kalau rame-rame, saya sarankan pake taxi gelap ini) atau bisa juga naik angkutan COLT L300 yang warna putih jurusan Cianjur yang berada persis di luar terminal bus DAMRI, nanti minta turun di depan hotel ydm di Tugu Utara, tarifnya Rp 15 rb/orang

    BalasHapus
  19. mas perhentian Damri kalau udah turun dari Cipanas nunggunya dimana ya kalau tidak naik dari bogor? mhon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemberangkatan bus Damri dari Bogor ke Bandara soetta hanya dari terminal Damri botani square Bogor tidak ada yang lainnya.

      Hapus
  20. Siang mas,
    mas mau tanya.. waktu perjalanan kalau naik DAMRI dari bogor - bandara soetta berapa jam ya paling cepat dan paling lama? Rencana saya berangkat dari bogor jam 5 sore (rabu, 30 juli 2013), idealnya saya naik pesawat yang jam berapa ya mas supaya tidak telat? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu tempuh dari Bogor ke Soetta antara 2 sampai 3,5 jam. Kalau dari Bogor jam lima sore berarti untuk penerbangan pesawat yg jam 21 atau 22. Tapi, bukankah lebih baik pesan tiket pesawatnya dulu baru nyesuaikan dengan jam keberangkatan bus damrinya dari Bogor

      Hapus
  21. Mas aku mau tanya klo terminal 1A di sebelah mana ya lokasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pintu keluar terminal IA tinggal nyebrang saja. Disitu ada tempat nunggu bus DAMRI.

      Hapus
  22. mas mau nanya,,keberangkatan pswt saya kan jam 05.45 tanggal 1 agsts 2013. damri kan bukanya sekarang jam 02.00. kira2 kekejar gak ya kalo misalnya naik damrinya jam 2 pagi atau 02.30

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat kekejar. Kalau berangkat pada jam jam tersebut, waktu tempuh bogor ke bandara sekitar satu jam saja

      Hapus
  23. Mas mau nanya ni... Kalo dari pemberhentian DAMRI terakhir dari bandara soetta-bogor ke Udiklat PLN Cibogo jauh gak ya, terus sebaiknya pakai angkutan apa.. Mohon infonya Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pemberhentian terahir/di bogor, kalau mau naik angkutan umum, anda tinggal keluar dari pangkalan damri atau ke arah pintu masuk pangkalan damri, disitu banyak ngetem minibus colt L300 jurusan cianjur, naiklah mobil ini nanti turun pas diseberangnya udiklat pln cibogo tarifnya rp 15000/orang. Jangan lupa sebelum naik tanya dulu ke keneknya, bisa tidak sampai udiklat pln cibogo? Kalau banyakan lebih baik naik taxi plat hitam yg banyak menawarkan diri di dalam pangkalan damri, tarifnya 125rb.

      Hapus
  24. Salam.
    Mas saya mau tanya dong... dari terminal khusus damri bogor ke kampus pasca sarjana ipb jaraknya seberapa jauh ya? dan dari terminal tersebut ke kampus pasca sarjana ipb saya harus menggunakan angkutan apa? jika berkenan mohon beri juga referensi hotel/ penginapan terdekat dgn kampus ipb yang terjangkau bagi mahasiswa. Terima kasih atas bantuannya. Moga sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampus pasca sarjana IPB persis ada di sebelah terminal damri, tinggal jalan kaki beberapa meter saja. Untuk hotelnya, bisa pilih hotel DUTA dng tarif 200rb atau hotel DUTA PAKUAN dng tarif 650rb. Kedua hotel itu berada di jalan PAKUAN Bogor, cukup naik ojek dari terminal damridng bayaran 10rb.

      Hapus
  25. Maaf mas, yang saya maksud adalah kampus psca srjana ipb yg di jalan darmaga. Dari trminal damri bogor menuju ke kampus yg saya mksud itu saya hrs naik angkutan apa ya mas. Dalam minggu ini insya Allah saya akan kesana. Oh ya tujuan penginapan saya adalah asrama intrnasional ipb. Akan sgt brterima kasih jk mas brsedia mmberi no tlpn trbaru pginapan tsb bagi saya. Terima kasih atas bantuan mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau ke kampus pasca yang ada di Kampus Darmaga, Anda jalan ke luar terminal DAMRI ke arah Tugu Kujang, disitu banyak angkot no 03, naik angkot ini sampai Jembatan Merah Merdeka, kemudian ganti angkot jurusan Darmaga IPB. nanti dari kampus pasca di Darmaga untuk ke penginapan Internasional, tinggal naik ojek saja. Lokasinya di sekitarnya Darmaga juga.

      Hapus
    2. Salam Hangat, mas Didi.
      Ngak terasa uda sebulan saya tinggal di bogor. Baru malam ini saya sempat buka blog ini lg. Atas izin Allah dan berkat bantuan mas Didi saya tiba di terminal damri tugu kujang 26 agustus 2013 lalu, sekitar jam 11 malam. Karena udah terlalu larut malam, saya memutuskan naik ojek langsung ke kampus dramaga. Alhamdulillah saya mndapat kamar di penginapan Amarilis, wisma yang di kelola kampus ipb dengan tarif 200 rb/ malam + ac.
      Singkat kata, atas izin Allah.. blog ini secara tidak langsung telah mengantarkan saya ke kampus IPB dengan selamat. Terima kasih mas didi. Moga ridha Allah menyertai anda.

      Hapus
    3. Alhamdulillah. Terima kasih Mas Dharmas atas greetingnya. Semoga Allah selalu melapangkan jalan yang dicitacitakan dan dimudahkan segala urusan Mas Dharmas. sukses selalu

      Hapus
  26. Mas boleh ikut tanya..
    Saya pemberangkatan pesawat jam 05.10 pagi Tgl.22 Agustus 2013..
    Pemberangkatan dari Bogor menggunakan DAMRI pukul 02.00 selalu ontime ga ya..??
    Apakah terkejar untuk pemberangkatan pesawat tersebut..
    Terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwal keberangkatan Damri yg pertama pk 02.30 dan on time. Ke bandara cuma 1 jam, jadi terkejar jadwal Anda, kecualinya penerbangan Anda ke luar negeri. Itu tidak cukup waktu untuk ngurus imigrasinya

      Hapus
  27. Bis nya itu brapa jam sekali adanya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari Bogor 30 menit sekali. Tapi dari bandara Soetta tidak dpt ditentukan karena tergantung macet tidaknya jalan tol bogor bandara.

      Hapus
  28. mohon infony pak didi, dari bandara soetta ke hotel bahtera bogor sebaiknya naik kndaraan apa aja y..?

    BalasHapus
  29. Dari terminal Bus Damri Bandara di Bogor, di depannya ada angkot no 01 jurusan Ciawi, kemudian dari Ciawi pindah ke angkot jurusan Cisarua/puncak. Dan nanti bilang ke supirnya turun di depan Hotel Bahtera di cipayung. Ongkosnya masing masing Rp 2500. Kalau mau naik taxi dari terminal Damri juga bisa, ongkosnya Rp 150rb. Selamat beraktifitas di Bogor

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  31. Mohon infonya Pak Didi,
    bedanya bus reguler dan royal apa ya Pak?
    dari terminal bus Damri Bogor menuju ke Hotel Amaris Padjajaran enaknya naik apa ya Pak? Angkot atau taksi?
    taksi apa yang aman dinaiki di Bogor?
    terima kasih Pak Didi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda bus royal dengan reguler hanya dari perbedaan tempat duduknya aja. Royal lbh luas krn formasinya 2 - 1 kalau reguler 2 - 2. Hotel amaris hanya 500 m dari terminal damri bogor. Kalau tidak jalan kaki, naik ojek saja. Letak hotel amaris berada ke arah kanan lurus melewati tugu kujang. Taxi Di bogor banyak, biar sip pake taxi bluebird saja.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  32. besok tanggal 18/09/2013 saya ada penerbangan domestik di Cengkareng jam 06.10, baiknya dari Bogor naik Bus Damri jam berapa?
    untuk parkiran kendaraan di situ apakah ada? bisa diinapkan? tarif per malamnya? terima kasih

    BalasHapus
  33. Naik yg jam 03 Mas. Nitip motor ada di terminal damrinya dng tarif Rp 1500 per jam. Berapa jam nitip motor tinggal dikalikan saja. Tdk berlaku tarif maximal. Untuk nitip Mobil, slain soal keamanannya juga susah nyari tempatnya. Untuk nitip Mobil tdk saya rekomendasikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims info nya mas...oia karna saya sudah menggunakan kartu Brizzi untuk pembayaran tiket damri, apa bisa isi ulang di pol damri bogor?

      Hapus
    2. Fasilitas itu belum ada. Kalau lewat ATM BRI, ada di sebelahnya

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  35. salam..
    Maaf pak klo keberangkatan pswt siang jam 12.30 dari tempat damri kira2 jam berapa ya pak biar gak ketinggalan pesawat???
    trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam 08 Mb Wita, biasanya jam segitu, waktu tempuh Bogor - bandara soetta antara 2,5 SD 3 jam.

      Hapus
    2. Jam 08 Mb Wita, biasanya jam segitu, waktu tempuh Bogor - bandara soetta antara 2,5 SD 3 jam.

      Hapus
  36. Ass. Pk Didi, sy Ardi dr Padang-Sumbar dan rencananya minggu depan mau ke bogor, tepatnya ke royal hotel, Paledang-bogor. Kira2 dari bandara soetta sy musti naik apa pk yach, damri or taxi dan berapa tarif masing2 sampai ke royal hotel. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik Damri atau taxi resmi bandara, sama sama enaknya, bedanya di tarif. Naik Damri Rp 45 rb plus nanti angkot no 06 Rp 3 rb. Kalau naik taxi tarifnya Rp 220 rb.

      Hapus
  37. slam pak...
    mohon infonya, damri bandra soetta-bogor ad tiap jamnya?soalnya sy tiba jumat jam 10 pg. klo ke hotel rudian cisarua naik ap, brp tarifnya dan brp lama...
    terima kasih.

    hendra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap jam ada jadwalnya Mas Hendra. Untuk ke hotel rudian, Mas nanti turun di pol Damri Bogor, tinggal keluar pol dan disitu sudah berjajar angkutan colt L 300 jurusan Cianjur. Nanti minta turun di depan hotel Rudian Cisarua. Tarifnya 30 rb. Kalau mau taxi gelap pun bisa. Nanti begitu turun banyak yg menawarkan jasanya. Tarifnya 150 rb.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  38. Halo mas, ulasannya bagus sekali. Saya mau tanya, saya rencana ke Bogor 30 September ini, di Hotel Sahira Butik. Saya harus naik apa ya? Rutenya gimana? Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. turun di pol Damri bogor, terus jalan sedikit ke arah tugu kujang (di depan pol bus Damri) lalu naik angkot no 06 ongkosnya Rp 3000 dan turun di depan jalan peledang. Hotel Sahira Butik persis ada di mulut pertigaan Jalan Peledang yang masih di sekitaran/pinggir kebun raya juga. pol bus Damri atau tugu Kujang berada di sekitaran kebun raya

      Hapus
  39. Selamat malam mas Didi.
    Mas saya mau tanya sy rencananya mau berangkat dari Bogor hari Jumat ini (27/9) menuju ke Terminal Gambir keberangkatan 21.40, apakah berangkat jam 6 sore terkejar atau menurut mas jam brp waktu amannya? Trus mas, kalau hari jumat itu apa ke arah kota maupun bandara dr Bogor apa termasuk macet parah apa gak ya? Sy baru pertama kali ke Bogor. Oh ya mas maaf satu lagi, apabila sy berangkat menggunakan pesawat di hari esoknya (Sabtu) jam 8 pagi, jam brp sy harus berangkat? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus Bandara Damri hanya melayani tujuan Bandara Soekarno Hatta saja. kalau mau ke kota atau ke gambir, naik kereta / commuter line saja. hanya butuh waktu 1 jam. untuk pesawat sabtu jam 8 pagi, naiklah bus Damri yang jam 04.

      Hapus
  40. malam Pak Didi, saya berencana naik pswt jam 22.50 di Suhat hari jum'at tgl 11 okt '13 (menjelang libur pnjg, Idul Adha). Kalau saya naik dari pol Damri Bogor jam 18.00 apakah msh terkejar pswtnya?? titik brkt saya dari lemdikpol megamendung (pasir muncang) jam 17.30.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau akhir pekan, waktu tempuh Bogor - bandara butuh waktu 3 s/d 3,5 jam. Macetnya mulai Cibubur sampai cawang. Jadi kalau berangkat dari pol bus Damri Bogor pk 18 tepat, bisa terkejar. Cuma saya engga yakin dari kemdikpol megamendung ke pol bus Damri Bogor bisa ditempuh 30 menit. Kalau bisa lebih awal berangkatnya dari megamendung nya. Selamat beraktivitas

      Hapus
    2. Biasanya kalau akhir pekan, waktu tempuh Bogor - bandara butuh waktu 3 s/d 3,5 jam. Macetnya mulai Cibubur sampai cawang. Jadi kalau berangkat dari pol bus Damri Bogor pk 18 tepat, bisa terkejar. Cuma saya engga yakin dari kemdikpol megamendung ke pol bus Damri Bogor bisa ditempuh 30 menit. Kalau bisa lebih awal berangkatnya dari megamendung nya. Selamat beraktivitas

      Hapus
  41. Met sore pak didi, saya mo nanya klo keberangkatan pswt subuh jam 05.00 dari tempat damri kira2 jam berapa ya pak biar gak ketinggalan pesawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Moechtar, naik bus Damri yang keberangkatan pertama yaitu jam 02.30. Kalau lewat jam tsb, kemungkinan jadwal pesawat jam 05 tdk akan terkejar.

      Hapus
  42. Mas kalo dari stasiun pasar senen ke bogor naik apa ya, trus rencana mau la jut ke pln udiklat bogor. Makasaih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Senen naik bajaj ke stasiun gondangdia. Dari gondangdia naik kereta ke Bogor. Dari stasiun Bogor naik angkot 03 sampe terminal bus Bogor. Dari terminal Bogor naik L 300 jurusan puncak. Turun di udiklat PLN ciloto. Semoga lengkap infonya

      Hapus
  43. Kalo pesawat jam 16.15 hati minggu, kira2 keburu ga yaa kalo naik damri yang jam 13.30??
    Mhn infonya yaaa... Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun jalan bogor-bandara kelancaran nya susah diprediksi, namun kalau hari Minggu, sudah bisa dipastikan bahwa jalan tol jagorawi terutama dari Cibubur sampai Cawang -macet-, begitu juga tol Tanjung Priuk dan tol dalam kota. Biasanya bus butuh waktu 3 jam dari Bogor sampai bandara. Jadi idealnya berangkat jam 12 atau 12.30 paling lambat.

      Hapus
  44. gan, mau tanya. saya kan pesen tiket pswat dan brangkt 5 pagi.
    kira2 kalo naik damri bisa ke kejar apa tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkejar asal naik yang jam 02.30. Lewat jam itu tidak yakin akan terkejar

      Hapus
  45. Mas saya mau k bogor tgl 25 oktober 2013.. pesawat sy berangkat jm 20.10 mlm dr medan,, kemungkinan sampai jakarta jam 22.20,, apa kah jam segitu masih adaa Damri tujuan bogor mas?? Mohon infonya mas.. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb Zuniar, normalnya Damri terahir dari Bandara Soetta jam 22.00. Kecuali kalau Damri terahir dari bogornya kena macet di jalan sehingga sampai di bandara lewat jam 22.00. Saran saya: Mb tetap cari Damri di tempat pemberhentianya untuk menarikkan penumpang dan tanya masih adakah Damri yang ke Bogor ? Kalau sudah tidak ada gunakan taxi resmi yg berwarna biru, memang mahal sekitar Rp 240rb tapi aman.

      Hapus
  46. pak didi, saya ke bogor nanti malam pesawat dari surabaya pukul 18.30. naik citilink, kemungkinan sampe bandara pukul 20.00. nah yg sy tanyakan, kalo damri royal ada ga yah,, sy pengen yg nyaman,terus untuk nunggunya di sebelah mana klo dr pesawat citilink,,dan kalo naik taksi dr bandara ke hotel amaris kena berapa yahh,, sy nanti malam menginap di amaris,, itu argo atau tawar menawar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah yang tipe Royal untung-untungan dapatnya krn berangkat dari bogornya antara bus yg reguler dengan yg royal tidak dijadwal. Yg mana saja yg ada busnya. Mudah mudahan nanti pas ketemu yg bus royal. Nanti keluar dari kedatangan/bandara Soetta Di terminal 1, langsung nyebrang dan disitu mangkal bus Damri kalau bus Damri jurusan Bogornya sdh ada tinggal naik aja tapi klo belum ada tunggu sampai datang. Hotel amaris sekitar 700 meter dari pol Damri. Naik ojek aja kalau jalan kaki jalannya agak gelap, kalau naik taksi, itu terlalu dekat.

      Hapus
  47. Ass. Wr.Wb.....Mas Didi,,, kalo dari Bandara Soetta ke ke Bogor lanjut ke Desa Babakan Cibalung Kec. Cijeruk naik apa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumslm. Kalau masih siang, naik angkot L300 jurusan Sukabumi yang mangkal persis di luar pol bus Damri Bogor. Nanti turun di pasar Cijeruk kemudian nyambung pake ojek. Tapi kalau sudah malam sampai di bogornya, mesti naik taxi Avanza yang begitu turun dari bus Damri akan banyak yg menawarkan jasanya. Tarifnya sekitar Rp 200 rb.

      Hapus
  48. Assalaamualaikum. Pak mau tanya kalo sekarang tarifnya berapa bis DAMRI ini? rencana besok saya mau ke bandara, pesawat berangkatnya jam2.20 nah kirakira yang pas itu maksimal jam berapa saya naik DAMRI nya? Terimakasih

    BalasHapus
  49. Tarif bus Damri bandara yg reguler / yg warna silver Rp 45 rb kalau yg Royal / warna biru Rp 65 rb. Bedanya hanya tempat duduknya saja, lainnya sama saja. Mung yg dimaksud jadwal pesawat pk 14.20, maka baiklah bus Damri yg jadwal keberangkatannya pk 10.00. Soalnya perjalanan dari Bogor ke Jakarta antara 2 sampai 3 jam.

    BalasHapus
  50. mas mau tanya kalo pesawat bearngakt jam, 04.30 kira2 naek damri yg jam brapa yah ...yg saya tau brkt pertama jam 02.00 jadwal damri bogor-bandara...keburu ngak yah ...tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keburu Kang Asep cuma mepet. Begitu turun dari bus Damri langsung lari ke tempat checkin saja

      Hapus
  51. Mohon petunjuknya Mas Didi, rencananya tanggal 19 November saya ada acara di Hotel Grand Prioritas Jln. Raya Puncak Km. 83 Cisarua. Mohon penjelasan sedetail-detailnya ya? Mulai keluar dari bandara soekarno hatta, cara nyari DAMRI, biaya, angkutan saat nyampe di Bogor, dll. Atas petunjuk Mas Didi, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila Anda mendarat di terminal 1 bandara Soetta, Anda keluar terus nyebrang jalan, disitu ada halte bus Damri, tinggal tunggu bus Damri jurusan Bogor. Apabila Anda mendarat di terminal 2 (naik garuda) Anda keluar terus jalan ke kiri sampai ujung, disitu ada pangkalan bus Damri. Apabila Anda mendarat di terminal 3, Anda keluar, Anda tinggal tunggu bus Damri jurusan Bogor. Nanti kalau sudah sampai di Bogor, Anda turun dari bus Damri, Anda tinggal jalan kedepan ke jalan, disitu ada angkutan volt L 300 jurusan Cianjur, Anda naik L 300 dan nanti minta turun di depan hotel prioritas Cisarua (ini kalau masih siang atau sore). Tapi kalau Anda sampai di Bogor lewat pk 20, Anda naik taxi Avanza saja yg banyak ditawarkan sewaktu Anda turun dari bus Damri. Tarifnya antara 150 rb - 200rb

      Hapus
    2. Terima kasih Mas Didi...Siaaappp Laksanakaaannn...

      Hapus
  52. Mas Didi mau tanya, saya take off pesawat hari minggu 1 Des 2013 jam 08.05. Kira2 dari Bogor brgkt yg jam brp ya? Klo hari minggu jadwal ttp sama ada dr jam 2 pagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Oce, untuk pesawat take off pk 08.05 atau boardingnya pk 07.30 jadi palng pas dari Bogor berangkat pk 04.30 dimana nanti sampai bandara pk 06 tapi kalau berangkat pk 05 sampai di bandara Soetta pk 07 lewat. Nanti terburu buru

      Hapus
    2. Ogitu, siip nuhun informasinya ya Kang...

      Hapus
  53. Mas Didi,

    Dari Pool Damri ke Hotel Amarosso (jl. Otista 84) enaknya naik apa Mas ?
    Nuhun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. Sebenarnya tempat hotel Amrozi tidak jauh jauh amat tetapi kalau naik angkot akan putar putar dan kalau naik taxi itu kedekatan maka simpel nya naik ojek saja dengan ongkos Maksimum 15rb. Nanti jangan nanya nama hotelnya amaroso krn nama hotel itu jarang yang mengetahuinya tapi bilang saja mau ke jalan Otista Bogor, pasti kalau yang ini orang pada tahu.

      Hapus
  54. siang pak. rencana saya mau ke bandara jemput seseorang ,pak.
    saya brngkt dr sukabumi.
    tolong beri petunjuknya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sukabumi naik bus ke terminal kampung rambutan jakarta. Dari kampung rambutan terus naik bus damri ke bandara. Pulangnyapun demikian.

      Hapus
  55. Mas... kl dari botani sguare ke PLN udiklat bogor, apa ada angkutan umum yang bisa langsung? info teman harus 2 kali angkot, dan sambung ojek... karena katanya hari minggu jalur ditutup??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas info tersebut. Naik angkot dulu ke ciawi terus sambung angkot jurusan cisarua nanti turun di udiklat PLN gadog. Kalau hari sabtu dan minggu jalan ke puncak ditutup maka dari ciawi naik ojek langsung ke udiklat.

      Hapus
  56. Mas mau tanya boleh ya, kalo dari bogor ke bandara hari jumat sekitar jam 3 itu berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berangkat dari bogornya jam 3 pagi, itu hanya satu jam saja. Tapi kalau berangkatnya jam 3 sore, itu butuh waktu 2 sampai 2,5 jam untuk sampai di bandara Soetta. Silakan menyesuaikan waktunya, jangan sampai terlambat.

      Hapus
    2. Mas mau nanya lagi. Biasanya kalau tahun baru cina jalanan ke bandara macet ga? Rencananya mau berangkat jam 3 sore. Terimakasih.

      Hapus
    3. Wah mbak, kalau hari raya, hari libur, atau hari libur anak sekolah, minta ampun macetnya Jakarta. Macet mulai Cibubur sampai cawang, dari cawang sampai Semanggi atau cawang cempaka Mas, kemudian di tol bandara. Biasanya butuh waktu 2,5 sampai 3 jam untuk perjalanan Bogor - bandara Soetta. Sebaiknya berangkat dari pol bus Damri = 4 jam sebelum jadwal boarding pesawat.

      Hapus
    4. Kalo berangkatnya jam 3 sore dengan keadaadn seperti itu kira2 terkejar gak ys mas?

      Hapus
    5. Kalau pesawatnya boarding jam 7.30 malam dst masih terkejar tapi kalau jadwal terbang pesawatnya jam 6 sore apalagi kurang dari itu pasti tidak akan terkejar.

      Hapus
  57. Mas Didi... pesawat saya landing di bandara Soekarno Hatta jam 10 mlm, jam segitu msh ada bus Damri menuju Bogor ga ya?? Paling malam bus Damri dr bandara ke Bogor jam brp ya mas?? Lalu dr Bogor ke bandara nya paling malam jam brp mas??

    Terima kasih untuk infonya Mas Didi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus Damri yg terakhir dari Bogor itu jam 20. Sampe di bandara Soetta pk 21.30. Kalau landing jam10 malam, berarti paling cepat keluar dari gedung bandara jam 10.30. Jam segitu damrinya sdh kembali ke bogot. Tapi nanti coba bertanya ke petugas damrinya, apakah masih ada bus Damri ke Bogor? Klo sudah tidak ada, Mas terpaksa ke Bogor pake taxi . Tarif taxi sampai Bogor sekitar Rp 225rb

      Hapus
    2. Ok... ok..
      Terima kasih banyak Mas Didi untuk infonya...
      Sangat membantu... :)

      Hapus
  58. malam pak Didi, lusa saya mau ke Gedung Management Garuda, Garuda City Center (GCC) di area perkantoran Soeta. itu kalo naik damri turunnya di mana ya? kalo mau sampai jam 7 pagi naik damri bogor yg jam brp??

    nuhun ya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti pas kondektur bus Damri ngutip ongkos, pasti dia akan bertanya mau turun dimana? Jawab di perkantoran. Nanti kalau udah mendekat area perkantoran, kondektur bus akan berteriak perkantoran perkantoran. Kalau mau sampai di perkantoran garuda tersebut, pk 7 pagi, berangkat lab dengan bus yg jam 5 atau selambat lambatnya jam 05.30.

      Hapus
    2. terima kasih banyak infonya pak..

      Hapus
  59. pagi mas
    kalau dari stasiun bogor paledang mau ke pool damri bogor-bandara, naik angkot jurusan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik angkot warna ijo no 03 jurusan baronang siang-merdeka. Naiknya dari depan taman topi (taman topi bersebelahan dng stasiun kereta). Bilang ke supir angkotnya mau ke terminal Damri barang siang.

      Hapus
  60. Sore mas Didi, izin bertanya, kl sy kemudian mau lanjut ke sukabumi, nyambungnya pake yaa mas, kereta apa bis? Dan dimana alamat moda transporyasinya? Makasih bnyk mas sblmnya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore juga. Mau lanjut ke Sukabumi, tinggal melangkah ke luar pol bus Damri, disitu banyak minibus L300 jurusan Bogor -Sukabumi mangkal. Tarifnya hanya Rp15rb.

      Hapus
  61. Selamat malam mas Didi,
    Mau tanya kalau saya mengantar orang tanggal 23 des, jam 1 malam kalau saya balik ke bekasinya kira2 Bus Damri yang paling pagi dari Soetta jam berapa yah mas, tolong informasinya.
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya jam 1 malam penerbangannya mas

      Hapus
    2. Bus Damri yg paling pagi dari bandara Soetta sekitar pk 06.30

      Hapus
  62. Pagi Om Didi, mhon infonya untuk pilihan angkutan yg dari pool damri baranangsiang mau ke Cimande Hilir tepatnya ke Grand Pesona hotel &resort naik apa ya enaknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang Mas Bondan, untuk ke hotel grand pesona di cimande, Anda ke pintu gerbang masuk pol bis Damri, disitu ada minibus L300 jurusan Bogor Sukabumi, tinggal naik aja, tarifnya Rp 10rb. Tapi minibus ini lama nyari penumpangnya. Mau cepat, naik 2 kali angkot, pertama naik angkot no 01 jurusan baranangsiang siang-Ciawi (angkot ini ada di depan pol bis Damri /spt minibus L300 tadi), kemudian dari Ciawi pindah ke angkot jurusan Cicurug. Bilang sama supir nya turun di hotel pesona cimande

      Hapus
    2. Om, kalo misal dari pool damri naek taxi ke hotel pesona cimande ada kan ya? Thx before ya, Om..

      Hapus
    3. Ada, mau taxi resmi seperti express, Bluebird dll atau taxi Avanza plat nomor hitam, tarifnya sekitar 100rb.

      Hapus
  63. Mohon petunjuknya Mas Didi, rencananya tanggal 27 Desember saya ada acara di PT SEMASI. dan saya tiba di bandara soekarno hatta tgl 26 Desember jam 21.00. rencana saya menginap di dekat pool damri bogor. Mohon penjelasan hotel yang murah dan angkutan besok paginya menuju PT SEMASI. Atas petunjuk Mas Didi, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sekitaran pol bus Damri banyak sekali banyak sekali hotel, mau pilih yang kelas biasa, nginep di hotel Pakuan atau hayati inn, nanti tinggal naik ojek saja ke hotel tersebut. Saya tidak tahu alamat PT semasi...

      Hapus
    2. makasih mas...semasi itu alamatnya Jl. Sukaraja Desa Pasir Laja Kec. Sukaraja

      Hapus
    3. Hotelnya salah satunya lagi adalah hotel duta Pakuan yg tarifnya sekitar rp250-350 rb. Hotel ini banyak kamarnya, jadi kemungkinan dapat kamar itu tinggi. Kemudian jalan Sukaraja ini kecil dan melewati perkampungan, kalau naik taxi-pun, supir nya tidak akan tahu lokasi tersebut. Jadi naik ojek saja dari hotel dUta Pakuan tadi dng tarifnya sekitar 50rb. Hotel duta Pakuan ada di jalan Pakuan, ciheuleut, 500meter dari pol bis Damri.

      Hapus
  64. malem mas, saya mau tanya kalo misal check in di soetta jam 14.00 pada hari kamis kira-kira berangkat dari bogor naik damri jam brpa ya mas biar ga telat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi juga Mas. Agar tidak tergesa gesa nanti waktu checkin dan tidak kepagian juga datangnya, berangkatlah jam 10 pagi. Nanti sampai bandara sekitar jam 12 an.

      Hapus
    2. oh iya mas, kalo bus bogor-bandung itu selalu ada atau smpe jam tertentu?

      Hapus
    3. Dari terminal baranangsiang terahir pk 18

      Hapus
  65. Sore mas. Mau nanya kalo pesawatnya tgl 31 jam 18.30 itu dari bogornya jam berapa?tgl 31 kebetulan imlek mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling telat jam 14.00. Hari hari ini di musim hujan Bogor Bandara Soetta membutuhkan waktu 3 s/d 3,5 jam. Dan biasanya hari Imlek turun hujan sepanjang hari, itu akan membuat kemacetan di jalanan.

      Hapus
  66. Sore mas saya boleh bertanya, saya dari cicurug sukabumi kalau mau naik bus damri ke bandara dari bogor nunggu bus damrinya dimana? Dari bogor ke cengkareng hari biasa bukan weekend berapa lama waktu tempunya? Terus kalau pulangnya dari cengkareng naik damri lagi ke bogor turun dimana? Agar saya bisa lansung oper angkutan umum ke cicurug, maaf mas banyak tanya soalnya saya baru disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Cicurug naik minibus L300 jurusan Bogor Sukabumi PP. Di Bogor turun di pemberhentian terahir di dekat Mall Botani Square. Pool Bus Damri Bandara adanya di dekat Mall Botani Square tersebut. Begitu juga pulangnya. Nanti dari bandara Soekarno Hatta naik bus Damri Bandara jurusan Bogor dan sesampainya di Bogor, Anda tinggal keluar Pool bus damri dan disitu sudah mangkal minibus L300 jurusan sukabumi

      Hapus
    2. Terima kasih infonya, saya naik pesawat jam 11.55 harus naik bis damri dari bogor jam berapa ya biar tidak telat? Hari biasa bukan weekend

      Hapus
    3. Perjalanan normal pada hari biasa (tidak banjir juga) sekitar 2 jam (Bogor bandara). Untuk checkin dll sekitar 1 jam. Jadi ambil bus yg jadwalnya maximum jal 9 pagi, lebih baik lagi sebelumnya.

      Hapus
  67. mas saya rencana mau mudik lebaran pakai pesawat jam 05.00, enaknya saya berangkat dari bogor jam berapa ya? karena musim mudik LEBARAN apakah mempengaruhi waktu tempuh dari Bogor ke Bandara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu 'peak session' dimana jalan tol dan non tol akan penuh dengan kendaraan. Naiklah Bus Damri Bandara dng jadwal berangkatnya yang pertama yaitu jam 02.30. nanti di bandara ada waktu sedikit untuk checkin, ngurus bagasi, dll

      Hapus
  68. Assalamuallaikum Wr, Wb,
    selamat siang pak didi, saya mau bertanya, rencana saya mau ke bogor tgl 26 januari 2014, saya landing di suhat kira2 jam 12.15..
    kira2 untuk ke bogor saya naik damri ke arah mana ya pak..? dan jika naik taxi, taxi apa yang sekiranya bagus dan baik dan berapa tarifnya..terima kasih banyak sebelumya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr wb
      Bus Damri bandara berbagai jurusan ada di seberang pintu keluar terminal bandara. Tinggal cari atau tunggu bus jurusan Bogor. Kalau mau naik taxi, naik taksi Bluebird dengan tarifnya sekitar Rp 250 rb. Taksinya mangkal di depan pintu keluar terminal bandara

      Hapus
    2. saya rencana tujuan ke JL. TARUMANEGARA montecarlo pak didi, kira2 naik damri ke bogor, turunnya dimana ya pak..? dan setelah itu naek apa ke tempat tujuan tadi..?
      terima kasih bnyk pak didi sebelumnya

      Hapus
    3. Bus Damri bandara hanya turun di Cibinong dan Pool Bogor, nanti turun di Bogor terus naik ojek atau taxi Avanza saja ke jalan Taruma negara atau lebih dikenal jalan baru cimanggu

      Hapus
  69. assalamualaikum pak didi
    saya mau tanya nii
    rencananya saya hari minggu tanggal 2 feb jam 10an pagi dah sampe di bandara soetta
    saya maw ke udiklat PLN cibogo
    minta tolong instruksi naik kendaraannya ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Nanti turun di Pool Damri Bogor kemudian keluar area Pool Damri, cari atau tunggu angkot warna hijau No. 01 jurusan barangsiang-Ciawi. Turun di Ciawi kemudian ganti angkot jurusan Cisarua/puncak. Nanti minta turun di depan udiklat PLN Cibogor.

      Hapus
  70. Salam pak didi
    sya take off jam 10.30 am...sya dr dramaga..efektifnya sya naik damri yg brngkt jam brapa ya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik bus Damri yang jam 07.00. Kalau pagi biasanya butuh waktu perjalanan sekitar 2,5 jam

      Hapus
  71. Fyi. Hari ini, saya berangkat dengan damri royal, dari bogor ke bandara soetta pukul 0150, yang jadual semestinya 0200. Itupun dengan penumpang yang sudah menunggu dari jam 0100 sudah cukup banyak. Sampai di terminal 2D sekitar pukul 0255. Sangat lancar perjalanan, meski sepanjang malam diguyur hujan. Mungkin ini bisa jadi gambaran buat rekan yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sharing pengalamannya. Lalu lintas Jakarta tidak dapat diprediksi. Lama perjalanan bisa satu jam, dua jam bahkan 3,5 jam untuk menempuh Bogor bandara atau sebaliknya. Sebaiknya apabila memilih waktu berangkat setelah jam 5 pagi, prediksi lama perjalanannya adalah min 3 jam. Lebih baik datang lebih awal dibandingkan datang dengan tergopoh gopoh dan penuh resiko

      Hapus
  72. Hari ini hari Selasa tanggal 04 Februari 2014. Saya akan naik pesawat garuda tujuan Padang pk 11.45. Seperti biasanya saya menghitung waktu tempuh perjalanan Bogor ke bandara dengan naik bus Damri bandara sekitar 3 jam. Maka saya ambil jadwal bus Damri dari Bogor yang pk 07. Saya pikir cukup waktu untuk dapat mengejar pesawat pk 11.45. Wah ternyata macetnya luar biasa. Kami pada pk 11 baru nyampe cawang (ini berarti sudah 4 jam perjalanan). Jalan di depan masih macet parah. Saya tidak mau ambil risiko tertinggal pesawat, saya undur pesawat ke yang pukul 14. Dan terlebih dahulu saya hubungi : Anggota GFF yth, bila Anda terlambat tiba di bandara akibat banjir mohon segera hubungi Call Centre Garuda Indonesia di 08041807807/(021)23519999.
    Bus Damri bandara yang kami tumpangi baru sampai di terminal 1F pk 12.15. Untung jadwal keberangkatan pesawat sudah digeser ke pk 14.
    Bogor - bandara Soetta membutuhkan waktu 5 jam 15 menit. Waktu tempuh yang lama untuk jarak 100 km. Dan inilah potret lalu lintas kita.

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum mas didi, saya ada panggilan pertama buat tes engineer di Gedung Manajemen Garuda City Center Bandara soekarno-hatta. kalau rute dari Cilebut-Bogor bagaimana ya? saya harus sampai di tempat pukul 07.00 pagi. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pertama harus diingat adalah Anda harus naik bus Damri dari Bogor yang jam 03.00. Kalau berangkat yg jadwal bus damrinya ke bandara lebih dari jam 03.00 saya tidak jamin akan tiba di Soekarno Hatta pk 07.00. Dari cilebut ke Pool bus Damri di botani square lebih baik naik motor saja. Kalau naik angkot ke pasar anyar dulu, itu akan lama. Nanti kalau ditanya kondektur bus damrinya 'turun dimana?'. Jawab di perkantoran garuda. Nanti kondektur akan ngasih aba aba bagi yang mau turun di perkantoran.

      Hapus
    2. memangnya kalo dari bogor ke bandara berapa jam ya yas estimasinya ? soalnya saya berencana berangkat naik bisnya itu yang berangkat +/- pukul sthg 5 (dari cilebut berarti jam stgh 4an naik motor). soalnya lihat komentar2 sebelumnya mas didi bilang kalo di bawah jam 5 pemberangkatan bisnya +/- 1 jam sampai ke bandara?

      Hapus
    3. Saya hanya dapat menyarankan untuk naik bus Damri yang berangkatnya dari Bogor jam 03. Sampai disana pk 04 lebih. Kalau Anda mau naik yang jam 5 atau lebih, udah pasti tidak akan ngejar untuk sampai di GMF pk 7. Tapi sekali lagi saya hanya dapat menyarankan, soal keputusannya mau berangkat jam berapa tentu itu sepenuhnya kewenangan Anda. Toh nanti risiko terlambat juga Anda yang menanggung.

      Hapus
    4. Makasih atas infonya mas. tadi saya coba bis yang berangkat pukul 4.20. tiba di depan kantor garuda pukul 6.00 pass, untungnya lagi gak macet :)

      Hapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  75. Siang pak didi,, rcn mggu tgl 23 sy akan ke pusdiklat bpkp ciawi. Mhn diberi rute transportasi yg aman dr soetta tanpa hrs trn naik angkutan berganti2. Dan brp sj tarifnya. Dimn yg ada karcis resminya?
    Trm ksh atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bandara Soetta di seberang pintu keluar dari gedung bandara, disitu ada tempat mangkal bus Damri bandara, cari atau tunggu bis Damri ada disitu. Anda naik yang jurusan Bogor dengan tarif 45rb atau 70rb yang royal. Nanti turun di Bogor. Dari Pool Damri Bogor, naik saja taxi yg jasanya banyak ditawarkan tarifnya 150rb

      Hapus
    2. Dear Pak Didi,

      Pak mau tanya, jika menuju ke hotel Santika Bogor dari Bandara Sukarno Hatta caranya bagaimana ya pak jika via Bus Damri?
      Terimakasih.

      Hapus
    3. Naik bus damri bandara jurusan bogor, kemudian turun di pol botani bogor dan hotel santika berada di satu lokasi dengan pol damri, mall botani. Tinggal jalan kaki 50 meter saja

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  76. malam pak, saya bsk berangkat ke balikpapan, nah ambil pesawat yg jam 14.45
    lebih baik dari bogor jam brp??
    itu loket nya buka jam brp ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar sedikit leluasa dan tenang, beragkat jam 10 dari bogor. Nanti sampai bandara pk 13.
      Loket buka mulai pk 02

      Hapus
  77. Mlm pak
    Saya ambil tiket jam 5 pagi
    Bagusnya naik damri dari Bogor yg jam brapa ea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pesawatnya pk 05 maka naik bus damri bandara dari bogor harus yang pertama atau pk 02.30

      Hapus
  78. Siang pak, mhn info. Sy dr sotta ke ciawi (Bpkp) ingin naik taxi sj. Taxi mn yg menyediakan struk resmi dan dimn sy bs memesannya? Kl bs utk PP, trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti begitu keluar dari gedung bandara, disitu ada berjajar taxi resmi bandara apakah itu bluebird, express, gamya dll. Semuanya ada struk resmi dari mesin argonya. Tarifnya sekitar 300rb diluar bayar tol. Sebaiknya sebelum naik taxinya, tanya dulu, ada engga struknya. Terus nanti pasti supir taxinya tidak tahu lokasi kantor pelatihan di bpkp ciawinya. Nanti kasih tau saja dengan ancar ancar dari pertigaan gadog (ujung jalan tol) belok kiri masuk jalan kecil.
      Untuk pulangnya nanti minta tolong sama petugas bpkpnya. Dan itu lebih mudah dilakukan dibanding dengan janji untuk dijemput beberapa hari kemudian.

      Hapus
    2. Trm kasih pak, sgt membantu infonya

      Hapus
  79. mas, kalau ke jalan ir juanda no.15 (komplek kantor PHKA kemenhut)....turun dr bis damri naik apa ya? nyetopnya dimana dan sebaliknya...dr sana ke terminal damri yg jurusan soeta naik apa?makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kantor phka kehutanan berada berdekatan dengan pintu gerbang kebun raya dan pasar Bogor yg jaraknya dari terminal Damri hanya 1500 meter saja. Tidak repot kalau jalan kaki-pun. Tapi kalau tidak mau jalan kaki bisa naik ojek dengan tarif 15rb atau naik angkot no 06 jurusan pasar Bogor. Baik naik ojek maupun naik angkot nanti bilang turunnya di gerbang kebun raya. Dari situ tanya mana kantor phka kehutanan (bertanya ke satpam nya krn tdk semua orang di sekitar situ tahu dimana kantor phka)

      Hapus
  80. Bp Didi yang baik .. :)
    Rencananya minggu depan saya akan melakukan perjalanan dari surabaya ke palace hotel cipanas .. menurut info yang saya peroleh sebaiknya saya menggunakan bis damri ke bogor dari bandara soetta .. nah yang saya kurang paham itu adalah route menuju palace hotel cipanas (samping istana cipanas) .. mohon petunjuk yang mendetail mengenai route yang bisa saya tempuh .. terima kasih .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda nanti turun di Pool bus Damri di Bogor, kemudian Anda tinggal jalan ke arah keluar atau ke gerbang masuk Pool bus Damri bandara. Disitu banyak kendaraan minibus colt L300 yg umumnya berwarna putih jurusan Cianjur. Anda naik minibus umum tersebut dan nanti turun di seberang nya palace hotel di Cipanas yang dimaksud. Tarifnya 15rb. Kendaraan umum ke Cipanas yang langsung atau tidak ganti ganti hanyalah jenis minibus ini/tidak ada pilihan lain. Memang angkutan minibus ini kurang nyaman apa boleh buat tidak ada pilihan lain. Perjalanan ke Cipanas akan lain kalau dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu karena jalur puncak yg dilewati minibus ini memberlakukan sistem buka tutup dan itu mengakibatkan perjalanan jadi jauh lebih lama dan terkadang kondekturnya minta ongkos tambahan. Kalau menggunakan taxi, bisa juga tetapi ongkosnya sekitar 500rb. Perjalanan pada hari biasa sekitar 2 jam karena minibus nya banyak berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Maaf, saya kasih tahu ini supaya yakrie siap dengan kondisi perjalanan Bogor ke Cipanas.

      Hapus
    2. Wow .. 2 jam perjalanan dari bogor ke cipanas .. :D
      Kira2 berapa km yah jarak bogor ke cipanas ini ? kenapa kok pake taksi bisa jadi 500rb ? :O
      Saya sih udah siap backpacker untuk ke cipanas ini melihat dari routenya yang cukup "off road" .. hehehe
      Terima kasih banyak atas infonya pak Didi .. :)

      Hapus
    3. Jalan ke Cipanas sangat mulus namun karena jalur Bogor Cipanas adalah juga sebagai jalur destinasi wisata maka banyak masyarakat termasuk dari Jakarta yg datang kesana sehingga jalur ini sering terjadi kemacetan panjang.
      Taxi ke Cipanas mahal karena taxi melintas ke jalur Cipanas adalah melanggar trayek yang dapat ditilang petugas, ditambah lagi dengan adanya kemacetan itu.
      Tetapi saya yakin Anda akan senang berada di Cipanas. Cipanas hidup 24 jam, kalau malam di dekat restoran Padang sati ada pasar sayur sayuran. Kemudian di dekat situ terdapat kebun raya Cibodas, dan ada taman bunga nusantara yg digagas ibu Tien Soeharto. Juga jangan lupa, di Cipanas adalah tempat menarik untuk wisata kuliner.
      Selamat menikmati cipanas

      Hapus
    4. sebagai info saya ke cipanasnya hari selasa siang .. kalo bukan weekend apakah tetap macet jalannya ?
      pulangnya hari jumat .. kemungkinan jumat ini memang akan sangat macet makanya saya alokasikan waktu yang lebih lama untuk kembali ke jkt .. biar ngga ketinggalan pesawat gara2 macet .. :)

      Hapus
    5. Kalau hari Selasa biasanya normal. Tapi pulangnya hari Jumat apalagi Jumat siang atau sore sudah tentu macet. Hari Jumat pulangnya lebih baik langsung naik bus ke terminal Cililitan Jakarta. Nanti dari Cililitan ada bus Damri yang langsung ke bandara. Nanti hari Jumat hitung waktu yang tepat agar tidak ketinggalan pesawat. Tanya ke resepsionis nya.
      Sebentar amat di cipanasnya, engga jalan jalan dulu?

      Hapus
    6. Karena memang acaranya cuma sebentar .. :)
      Kalo pulangnya keliatannya bisa ikut rombongan ke jktnya .. berangkatnya sebenarnya ada rombongan juga sih cuma saya ada keperluan lain sehingga ngga bisa ikut rombongan .. jadi terpaksa backpacker sendirian .. :D
      Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak infonya .. nanti kalo sudah selesai acaranya saya sampaikan reportnya disini .. :)

      Hapus
    7. Field Report .. :)
      Udah sampe palace hotel nih .. tadi berangkat dari CGK jam 13.00 pake royal damri .. tarif 65rb .. bisnya cukup nyaman .. kursinya lega .. tapi kayaknya jarak antar kursi agak pendek .. :D
      Perjalanan sangat lancar .. sampe bogor sekitar 1,5 jam aja .. nah perjuangan dimulai setelah keluar dari botani square .. :D
      Naik L-300nya bener2 dipepetin abis .. :(
      Bener2 gepeng selama kurang lebih 1,5 jam .. untung pas lancar jalannya .. kalo ngga makin lama siksaannya .. wkwkwk
      Omon2 .. bayarnya udah naik sekarang .. tadi kena 20rb .. :D
      Tapi akhirnya semua terbayar sudah ketika udah sampe di depan hotel .. rasanya puas banget .. :D
      Total waktu dari CGK ke Palace Hotel cuma 3 jam saja .. :O
      Terima kasih banyak atas infonya pak Didi .. benar2 sangat membantu .. :)

      Hapus
  81. Selamat Pagi Pak Didi Yth,

    Saya rencana hari minggu ini dari SBY mau ke Bogor, penerbangan saya ETA 23.30 malam, apa Damri dari Soetta ke Bogor masi ada ya? karena saya browsing2 katanya terakhir 23.30 dan ada tambahan jam 02.00 pagi? mohon infonya.
    Dan tujuan saya adalah Villa Bogor Indah didaerah Kedung Halang, apa masih ada angkot kalau misalnya saya sampai bogor jam 1 malam? atau ada alternatif lain angkutan umum?

    mohon infonya Pak Didi, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda datang bus damrinya masih istirahat, nanti jam 6 baru ada bus Damri yang ke Bogor. Kalau tetap mau ke Bogor, maka naik taxi resmi yg mangkal disana. Taxi bisa langsung ke lokasi viola Bogor Indah dengan tarif beserta bayar tol nya sekitar Rp 250rb

      Hapus
  82. mau nanya mas. selain pake taksi gelap atau L300, dari pool Damri ke Cisarua ada alternatif angkutan lain, gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik angkot 2 kali. Pertama dari depan Pool Damri dengan angkot no 1 jurusan Ciawi dari Ciawi ganti dengan angkot lain jurusan Cisarua

      Hapus
  83. pak mau tanya dari cengkareng langsung ke puncak ada ga? atau dari stasiun damri di bogor ada yg ke puncak? brapa nginap di puncak yg murah?

    BalasHapus
  84. dari cengkareng tidak ada damri atau kendaraan umum lainnya yang langsung menuju puncak. kalau dari pool damri di bogor, bisa naik minibus L 300 jurusan bogor- cianjur.
    banyak pilihan hotel untuk nginap di puncak, mulai dengan tarif Rp 250 rb/malam.

    BalasHapus
  85. selamat malam pak didi ..,saya rencana mau ke bandara soekarno hatta, perjalanan dari bogor (gadog) ke soekarno hatta, pesawat saya yaitu hari kamis pukul 20.40 sebaiknya saya berangkat jam berapa dari pusdiklat anggaran di gadog? dan kalau saya dr soekarno hatta ke boogor itu damri yg paling malam jam brp yha? terimakasi atas informasi yg di berikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan ke bandara Soetta pada sore hari biasa macet pada hari Senin, KAMIS, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Bus Damri membutuhkan waktu setidaknya 3 jam perjalanan dari Bogor ke bandara Soetta.
      Dng menghitung perjalanan dari gadog ke Pool bus Damri Bogor, dari Bogor ke bandara, serta waktu checkin di bandara, maka Sebaiknya Anda berangkat dari kantor Pusdiklat anggaran di gadog setidaknya pk 15.00.
      Bus Damri terahir dari Bogor pk 20.00

      Hapus
    2. seandainy jika saya ke bogor dari soekarno hatta lebih dari pukul 20.00..,alternatif lain transportasi apa yang sebaiknya saya pakai agar tidak terlalu mahal biaya yang di keluarkan dan apakah jika saya naik taksi berapakah kira-kira ongkos dr soekarno hatta ke bogor, terimakasi atas informasinya.

      Hapus
    3. Bus Damri dari bandara Soetta ke Bogor yang terahir pk 22. Untuk pastinya masih ada atau tidak ada bus Damri bandara, bisa tanyakan langsung ke petugas Damri yang ada di tempat pemberhentian bus Damri.
      Tetapi kalau sudah tidak ada bus Damri lagi ke Bogor, alternatif satu satunya adalah menggunakan jasa taxi resmi yg berderet mangkal pas di pintu keluar gedung bandara.
      Jangan sekali kali naik taxi gelap yg banyak ditawarkan oleh orang orang tertentu pas di pintu keluarga gedung bandara.
      Tarif taxi dari bandara Soetta ke Bogor sekitar 250rb di luar bayar tol.

      Hapus
  86. nice share. sangat terbantu dengan blog ini.

    keep going.Terima kasih
    Adi

    BalasHapus
  87. Pak Didi, mau tanya kalo dari Bandara Setta ke Mirah Hotel Bogor (jl. Pangrango) dg Bus Damri turun dimana?? terus perlu oper/naik angkutan lain lagi tdk utk menuju Mirah Hotel??..tks

    BalasHapus