Kamis, 09 Februari 2012

Pulau Marore di Provinsi Sulawesi Utara. Salah Satu Dari 92 Pulau-Pulau Kecil Terluar

Pulau Marore terletak pada gugusan Kepulauan Sangihe di perairan Laut Sulawesi. Pulau yang memiliki luas 15.000 hektar ini, bersama dengan Pulau Miangas dan Pulau Marampit menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Sangihe Talaud yang berbatasan langsung dengan negara Philipina.
Secara toponimi, ada beberapa nama yang melekat pada pulau ini. Penamaan secara nasional adalah Pulau Marore, sedangkan dalam bahasa lokal dengan nama Pulau Maru atau Pulau Mahengetang.


Geografis
Pulau Marore secara astronomis terletak pada 4°35’17” - 4°43’45” LU dan 125°26’11”-125°37’45” BT. Pulau Marore di sebelah utara berbatasan dengan Pulau Mindanao Philipina ; sebelah selatan dengan gugusan pulau-pulau kecil seperti Pulau Ehise, Pulau Kawio, Pulau Memanuk dan Pulau Matutang yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Sangihe; sebelah barat berbatasan dengan perairan lepas Laut Sulawesi;  dan sebelah timur dengan wilayah Kabupaten Talaud.


Administratif
Secara administratif Pulau Marore menjadi bagian dari Kecamatan Tabukan Utara yang beribukota di Kota Enemawira. Kecamatan ini termasuk ke dalam Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan ibukota Kota Tahuna, yang merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara dengan ibukota di Kota Manado.  Hanya terdapat sebuah desa di Pulau Marore,  yaitu Desa Marore yang memiliki 3 dusun.
 

Aksesibilitas dan Pusat Kegiatan